Selasa, 09 Juni 2009

Cara Memperoleh Fasilitas Integrated Services Digital Network (ISDN)

ISDN adalah pelayanan telepon digital penuh berkecepatan tinggi. ISDN mengubah jaringan telepon analog menjadi sistem digital. ISDN dapat beroperasi mencapai kecepatan 128 kilobit/second, lima kali lebih cepat daripada modem analog saat ini. ISDN dapat secara dramatis mempercepat pengiriman informasi pada internet atau LAN jarak jauh, terutama media yang kaya akan grafik, audio, atau video atau bermacam aplikasi yang aktif di LAN.

Integrated Services Digital Network – suatu nama untuk digital telephone service yang bekerja pada pengkabelan telepon tembaga. Tipe ISDN banyak sekali, tetapi tipe yang paling sesuai dengan pemakai komputer pribadi, dan menjadi fokus makalah ini adalah tipe ISDN Basic Rate Interface (BRI).

Basic Rate ISDN membagi saluran telepon menjadi 3 saluran digital : 2 saluran “B” 1 saluran “D”, yang dapat digunakan secara serentak. Saluran B digunakan untuk mentransmisikan data, dengan kecepatan 64k atau 54k (tergantung perusahaan teleponnya). Saluran D melakukan tugas admisnitrasi, seperti menset-up dan memutuskan panggilan serta berkomunikasi dengan jaringan telepon. Dengan dua saluran B, kita dapat membuat dua panggilan secara serentak. Sebagian besar jaringan telepon di dunia sudah digital. Daerah yang tidak digital hanyalah bagian dari local exchange ke rumah atau kantor. ISDN merupakan ujung dari jaringan digital

Cara Memperoleh

Tetapi tidak seperti telephone service yang analog, ISDN service beum bisa ditemukan di semua tempat. Telepon kita harus sudah menginstall perlengkapan di kantor pusat yang melayani kita.

Karena ISDN digital service, ia sangat sensitif dengan pengaruh luar. Kita harus dalam jarak yang masih diijinkan perlengkapan perusahaan telepon yang melayani kita (biasanya 18.000 kaki). Kemudian tidak boleh ada gangguan di sekitarnya. Ini memungkinkan saat perlengkapan tersebut diinstall pada central office, kita tidak akan bisa dapat ISDN disebabkan gangguan di jalur kita ataupun jarak rumah kita. Beberapa perusahaan telepon mencanangkan “ISDN Anywhere”, yang artinya jika kita memesan ISDN, mereka akan mencari jalur untuk mencapai tempat kita. Jika perusahaan telepon tersebut tidak mempunyai perlengkapan yang pas di central office lokalnya, mereka dapat menggunakan teknologi “line extension” untuk melayani kita dari exchange yang lain. Tetapi teknologi ini menaikkan biaya service telepon kita.

Biaya

Biaya ISDN ada tiga macam :

¨ Biaya instalasi

¨ Biaya bulanan

¨ Biaya pemakaian

"Provisioning"

"Provisioning" adalah istilah perusahaan telepon untuk konfigurasi jalur kita pada ujung perusahaan telepon. Jalur telepon analog normal datang dengan sedikit fasilitas, seperti Call Waiting atau Caller ID. Sedangkan jalur ISDN memiliki banyak fasilitas, dan harus didefinisikan jika akan difungsikan.

ISDN service sangat baik dan fleksibel, menyediakan banyak solusi seperti layaknya PC connectivity, pengawasan alarm maling, dan virtual PBX telephone services. Fasilitasnya banyak sekali. Oleh karena itu konfigurasinya pun sangat kompleks. Jika kita meminta ISDN line melalui Get ISDN Now facility pada web site, line kita akan dikonfigurasi secara default untuk hubungan ke Windows-based PC dan kita dapat menghindari proses provisioning yang rumit.

Konfigurasi : Tipe Switch dan SPID

Jika tadi terdapat konfigurasi pada ujung line kita di perusahaan teleponnya, maka terdapat juga pengkonfigurasian di tempat kita. Yang harus diketahui 3 buah informasi yang diberikan perusahaan telepon agar pelayanan ISDN kita bekerja bersama PC berbasis Window :

¨ Tipe Switch

¨ Nomor telepon

¨ SPID - Service Profile Identifier

Kebanyakan adapter dari hardware ISDN harus mengetahui tipe switch apa mereka berhubungan. Tipe switch ini tergantung jenis peralatan dan softwarenya. Informasi kedua adalah nomor telepon kita. Untuk hal tertentu, setiap saluran B ISDN line memiliki nomornya sendiri-sendiri. Nomor ISDN kita akan diberitahu oleh perusahaan telepon. Service Profile Identifier (SPID) hanya digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. SPID biasanya terdiri dari nomor telepon yang ditambahkan digitnya di awal dan diakhir nomor. SPID membantu switch mengetahui jenis peralatan yang dihubungkan ke line, apakah ada multiple divais yang nyambung, dan membantu me-route panggilan ke divais yang sesuai pada line.

Adapter ISDN Internal and External

Adapter ISDN internal adalah card yang dipasang ke PC. Adapter eksternal dihubungkan ke port di belakang PC. Adapter ISDN kompatibel dengan Sistem Operasi Windows. Card ini harus diinstall melalui Windows 95.

Adapter ISDN eksternal sangat mudah diinstal dan tidak membutuhkan software khusus, tetapi dia tidak menyediakan level performansi yang sama dengan yang dimiliki Adapter internal. Adapter ini kelihatan seperti modem (beberapa pabrik menyebutnya modem ISDN). Program Communication mengontrol modem ISDN eksternal persis seperti mengontrol modem analog (biasanya dengan perintah AT). Adapter ISDN eksternal dihubungkan ke port paralel atau serial PC.

Tentunya terdapat keterbatasan port-port tersebut. Kebanyakan port PC tidak akan dapat mentransfer data lebih cepat dari 115k bit/sec, lebih kecil daripada kecepatan data maksimum ISDN 128k bit/sec. Bahkan port serial memiliki kecepatan lebih lambat. Modem ISDN eksternal dapat mempengaruhi kinerja sistem. Untuk menggunakan adapte, kita harus punya PC 486/33 atau lebih cepat. Protokol level tinggi seperti PPP atau authentication digunakan di modem itu sendiri. Protokol-protokol tersebut berkembang dengan cepat dan dapat menjadi sulit untuk diup-date protokol baru atau memperbaikinya dalam modem tersebut.

Menghubungkan ke Jaringan Telepon – Interface U and S/T

Ada 2 interface ISDN.

Interface U membawa sinyal ISDN pada sepasang kabel dari lokasi kita ke central office. Interface ini didisain untuk membawa sinyal ISDN jarak jauh.

Interface Subscriber/Termination (S/T) menggunakan dua pasang kabel untuk mengirim sinyal dari jack pada dinding ke adapter ISDN atau peralatan lain. Jika peralatan yang dimiliki mendukung interface S/T, diperlukan divais yang disebut Network Termination 1 (NT-1) yang mengkonversikan antara interface U dan interface S/T. NT-1 memiliki jack untuk interface U dari dinding dan satu atau lebih jack untuk interface S/T ke PC, ISDN atau divais analog lain, seperti power suplai eksternal..

Pengkabelan and Jack

ISDN dilayani perusahaan telepon sampai tepat akan masuk gedung kita (atau disebut demarkasi). Pengkabelan di dalam gedung diserahkan kepada kita, kecuali kita beri bayaran tambahan. Jika hanya menghubungkan ISDN ke PC, pengkabelannya sangat mudah.

Ada dua tipe jack untuk ISDN :

¨ RJ11 – jack telepon analog standar. RJ11 memiliki 4 kabel. Kabel dari dinding ke NT-1 biasanya punya RJ11.

¨ RJ45 – lebih lebar dari pada RJ11, dan memiliki 8 kabel. Biasa digunakan dari NT-1 ke ISDN.

Menghubungkan Banyak Divais ke ISDN line

Kita bisa menghubungkan sampai 8 divais ke satu ISDN line, termasuk router dan bridge jaringan, masin fax Group 4 ISDN, telepon ISDN seperti divais telepon analog biasa. ISDN cukup cerdas untuk mengambil keputusan menggunakan dua saluran B antara divais-divais ini (maksimum 2 divais yang digunakan sekaligus) dan merute datangnya panggilan ke divais yang sesuai.

Dari pada menghubungkan satu ISDN line ke satu PC, satu ISDN line bisa dihubungkan ke LAN sehingga beberapa PC dapat bersama-sama menggunakannya. Ini membutuhkan router atau bridge jaringan ISDN. Beberapa divais ISDN bisa dihubungkan ke satu ISDN line. Misalnya kita ingin memiliki adapter ISDN di PC, telepon ISDN untuk voice call dan mesin fax Group 4 ISDN semuanya dihubungkan ke ISDN line yang sama. Data akan datang ke PC, voice call ke telepon dan panggilan fax ke mesin fax. Untuk konfigurasi ini, diperlukan NT-1 yang mendukung multiple S/T interface connection. Setiap divais memerlukan SPID sendiri-sendiri untuk menjamin perusahaan telepon dapat merute ke divais yang sesuai. Beberapa NT-1 atau adapter ISDN juga mendukung divais telepon analog seperti telepon, modem data, mesin fax Group 3 dan mesin penjawab. NT-1 atau adapter ISDN tersebut mengkonversikan sinyal analog ke ISDN atau sebaliknya.

Software Sistem Operasi untuk ISDN

Sistem Operasi ini harus mendukung hardware ISDN, dan menyediakan fasilitas “plumbing” untuk komunikasi adapter ISDN dan mengintegrasikan adapter ISDN dengan bagian lain dari Sistem Operasi. Adapter ISDN akan menyediakan driver divais untuk mengintegrasikan bersama Sistem Operasi ini.

Cara menghubungkan dua komputer pada ISDN adalah melalui Point-to-Point Protocol (PPP). Protokol ini biasa digunakan untuk mengakses internet. Provider internet atau server LAN harus mendukung PPP, apalagi jika account internet kita “SLIP” account.

Pemakai Windows 95

Microsoft Windows 95 Dial-Up Networking Upgrade 1.2 (MSDUN) mendukung PPP untuk ISDN. Setelah meng-instal MSDUN, kita mengakses komputer lain menggunakan Windows 95 Dial-up Networking.

Pemakai Windows NT

Windows NT versi 3.5 atau sesudahnya memiliki support untuk ISDN and PPP yang built-in.

Pemakai Windows 3.0, Windows 3.1 atau Windows® for Workgroups

Jika ingin memanfaatkan keuntungan ISDN, up-gradelah ke Windows 95 atau Windows NT. Meskipun begitu beberapa vendor menyediakan solusi untuk Windows versi lama (tetapi tidak untuk Microsoft).

Tidak ada komentar: