Senin, 29 Juni 2009

step by step membuat website

Sekarang ini banyak sekali website dimana-mana, dari segala jenis dan bentuk. Mulai dari website pribadi sampai website umum yang sangat ramai. Secara umum jenis website itu sendiri dibagi menjadi,

a.Portal (Yahoo, Plasa, Ataga, Detik)
b.Forum (adsense id, indomp3, cyberphreaking, myquran)
c.Blog (cara-buat-website.blogspot.com)
e.e-commerce (amazon, e-bay)
f.Social networking (friendster, yuwie, hi-5)

Karena sudah menjamurnya website, masa kita belum bisa buat?. Oke langsung saja nggak perlu panjang lebar, saya akan memaparkan sedikit tentang cara membuat website.
Kita harus tahu sedikit tentang bahasa pemrograman seperti html,php,css dll. Kalau belum tahu gimana??.Ya, ntar sambil jalan juga akan tahu sendiri. Biar gampang kita bisa saja langsung menggunakan tempelate. (Download template disini) Biar nggak perlu susah-susah design sendiri. Tinggal cklak-cklik edit sedikit, jadi deh...
Program yang bisa membantu untuk membuat halaman website antara lain :
a. Microsoft front page
b. Macrmomedia/Adobe Dreamweaver
c. Atau jika kita sudah tahu tentang pemrograman bisa kita gunakan notepad.
Beberapa langkah dasar dalam membuat website :
Tentukan Content Websitenya-->Buat Design webnya-->Isilah Websitenya-->Upload ke Server Hosting.

Untuk Hosting, Kita harus memilih dulu antara yang berbayar atau yang gratisan. Jika kita tujukan website itu hanya untuk main-main mendingan pakai yang gratisan saja. Tetapi kalau tujuannya serius, jelas lebih mending menggunakan yang berbayar.
Untuk yang berbayar, banyak hosting yang bisa anda gunakan, seperti idwebspace, mrhostindo, ultimahosting, (Hosting Indonesia)Dan jangan lupa domainnya.
Untuk yang gratisan tentunya anda harus memlih yang mendukung banyak fitur. Seperti PHP,SQL,Perl dsb. Beberapa penyedia hosting gratis :
1. Yahoo (geocities) Klik Disini
2. 000Webhost Klik Disini (Paling mutakhir/dianjurkan)
3. www.freehosting.22web.net
4. www.absolutely-free-hosting.com
5. Atau cari di google dengan keyword free hosting

Dari beberapa free hosting diatas, yang paling dianjurkan dan yang ke-2. Karena free hosting tersebut paling banyak fiturnya, diantarnya :
1. 250 mb Spaces
2. Banwidth 100 GB
3. cPanel Control Panel
4. PHP,MySql,Perl
5. Full Domain
6. Tanpa iklan

Bagi pemula pembuat website biasanya ada banyak masalah dan kendala yang dihadapi, untuk itu nggak perlu malu-malu untuk ditanyakn disini oke....?

Tidak ada komentar: