Senin, 29 Juni 2009

step by step membuat website

Sekarang ini banyak sekali website dimana-mana, dari segala jenis dan bentuk. Mulai dari website pribadi sampai website umum yang sangat ramai. Secara umum jenis website itu sendiri dibagi menjadi,

a.Portal (Yahoo, Plasa, Ataga, Detik)
b.Forum (adsense id, indomp3, cyberphreaking, myquran)
c.Blog (cara-buat-website.blogspot.com)
e.e-commerce (amazon, e-bay)
f.Social networking (friendster, yuwie, hi-5)

Karena sudah menjamurnya website, masa kita belum bisa buat?. Oke langsung saja nggak perlu panjang lebar, saya akan memaparkan sedikit tentang cara membuat website.
Kita harus tahu sedikit tentang bahasa pemrograman seperti html,php,css dll. Kalau belum tahu gimana??.Ya, ntar sambil jalan juga akan tahu sendiri. Biar gampang kita bisa saja langsung menggunakan tempelate. (Download template disini) Biar nggak perlu susah-susah design sendiri. Tinggal cklak-cklik edit sedikit, jadi deh...
Program yang bisa membantu untuk membuat halaman website antara lain :
a. Microsoft front page
b. Macrmomedia/Adobe Dreamweaver
c. Atau jika kita sudah tahu tentang pemrograman bisa kita gunakan notepad.
Beberapa langkah dasar dalam membuat website :
Tentukan Content Websitenya-->Buat Design webnya-->Isilah Websitenya-->Upload ke Server Hosting.

Untuk Hosting, Kita harus memilih dulu antara yang berbayar atau yang gratisan. Jika kita tujukan website itu hanya untuk main-main mendingan pakai yang gratisan saja. Tetapi kalau tujuannya serius, jelas lebih mending menggunakan yang berbayar.
Untuk yang berbayar, banyak hosting yang bisa anda gunakan, seperti idwebspace, mrhostindo, ultimahosting, (Hosting Indonesia)Dan jangan lupa domainnya.
Untuk yang gratisan tentunya anda harus memlih yang mendukung banyak fitur. Seperti PHP,SQL,Perl dsb. Beberapa penyedia hosting gratis :
1. Yahoo (geocities) Klik Disini
2. 000Webhost Klik Disini (Paling mutakhir/dianjurkan)
3. www.freehosting.22web.net
4. www.absolutely-free-hosting.com
5. Atau cari di google dengan keyword free hosting

Dari beberapa free hosting diatas, yang paling dianjurkan dan yang ke-2. Karena free hosting tersebut paling banyak fiturnya, diantarnya :
1. 250 mb Spaces
2. Banwidth 100 GB
3. cPanel Control Panel
4. PHP,MySql,Perl
5. Full Domain
6. Tanpa iklan

Bagi pemula pembuat website biasanya ada banyak masalah dan kendala yang dihadapi, untuk itu nggak perlu malu-malu untuk ditanyakn disini oke....?

cara meningkat kan pengunjung pada website

Website yang bagus biasanya 80% pengunjungnya adalah dari Search Engine. Oleh Karena itu langkah pertama yang harus kita lakukan adalah,
1. Mendaftarkan dulu website kita di search engine, 3 search engine terkenal antara lain :
a. Google
Cara mendaftarkan website kita di google bisa melalui http://www.google.com/addurl, Kemudian masukkan URL websitenya.
b. Yahoo
Cara mendaftarkan website kita di Yahoo bisa melalui https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit, Seperti biasa masukkan URL websitenya.
c. MSN
Menurut pengalaman saya, setelah mendaftarkan website saya ke dua search engine diatas. Maka langsung terindex ke MSN.

Biasanya, jika kita menggunakan teknik diatas untuk mendaftarkan website kita, maka search engine biasanya baru meng-index setelah beberapa minggu bahkan berbulan-bulan. Tips atau cara agar search engine cepat meng-index website kita adalah dengan memasukkan URL website kita pada website yang sudah ter-index. Seperti masukkan URL kita pada forum-forum atau pada blog-blog sebagai komentar(tukaran link). Menurut pengalaman saya, website yang saya daftarkan langsung ter-index dalam waktu kurang dari dua hari.

2. Setelah kita mendafatarkan website di Search Engine, langkah kedua yang harus kita lakukan adalah menyebarkan URL website kita.Diantaranya ialah, seperti aktif di forum (bisa dijadikan signature), kemudian menuliskan URL website kita di berbagai website.

3. Usahakan agar website selalu up to date dan tentu saja tidak membosankan, yang bisa menjaga pengunjung tetap betah meng-acces website anda.

Tips mempercepat loading website

Dengan berkembangnya kemajuan pemrograman internet, banyak sekali website dengan berbagai bentuk dan rupa, ada yang menarik, ada yang biasa-biasa saja bahkan ada pula yang jelek. Semuanya tentu tergantung dari si pembuat website itu sendiri. Disamping menarik, kita juga tidak boleh melupakan keadaan visitor atau pengunjung website, Seperti koneksinya. Website yang cenderung berat biasanya membuat visitor jadi males untuk mengakses wesite tersebut. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara agar membuat website menjadi lebih ringan, dan cepat untuk diakses :

1. Hindari penggunaan flash
Mengingat flash merupakan satu komponen website yang ukurannya besar, maka apabila dalam website terdapat banyak flash movie tentu membuat loadingnya menjadi lambat. Oleh karena itu disarankan agar kita hanya menggunakan flash seperlunya saja.
2. Hindari gambar yang ukurannya besar
Meskipun gambar(*.jpg,*.gif,*.bmp*.png dll) ukurannya lebih kecil dari flash, tetapi jika terlalu besar tentu saja akan memperberat halaman suatu website. Jadi, kita tidak perlu memasukkan gambar-gambar terlalu yang besar di website jika itu tidak begitu penting. Dan pastikan bahwa gambar yang diload benar-benar gambar yang berukuran kecil. Jangan sampai gambar yang aslinya besar, diperkecil dalam halaman html. Sehingga gambar yang diload tetap gambar yang besar.
3. Split Gambar yang besar
Jika terpaksa harus menggunakan gambar yang besar pada suatu halaman website, maka dianjurkan agar gambar tersebut displit / dipecah menjadi beberapa bagian, tergantung dari besarnya gambar tersebut. Contohnya, jika pada website digunakan header berupa gambar yang besar maka pada header tersebut bisa digunakan table yang terdiri dari beberapa kolom dan row sebagai pemecah.
4. Gunakan format gambar yang efektif
Pada halaman website kita harus bisa memilih format gambar apa yang harus digunakan. Karena format gambar berbeda pada ukuran yang sama, berbeda ukuran memorinya. Contohnya, jika gambar ukuran 100 x 100 pixels pada jpg hanya 40 kb, jika dalam bmp bisa 90 kb. Karena itulah kita harus tepat memilih format gambar yang efektif. Saat ini format gambar yang ukurannya paling kecil adalah *.gif, selain itu *.gif juga bisa menampilkan gambar bergerak dengan beberapa frame. Tetapi, format gambar ini hanya mendukung beberapa warna saja. Jadi selain menggunakan *.gif kita juga bisa menggunakan *.jpg jika gambar tidak sempurna ditampilkan dengan format *.gif (biasanya untuk foto)
5. Gunakan bahasa pemrograman web seringkas mungkin
Jika kita sudah mengerti atau bisa bahasa pemrograman web, lebih baik kita buat halaman web secara manual. Karena biasanya halaman web yang dibuat sendiri tanpa bantuan program seperti frontpage, dreamweaver dll akan lebih ringkas.
6. Hindari backsound (background musik)
Jika backsound tidak begitu penting dalam website, lebih baik dihindari. Karena membuat koneksi internet terus melakukan streaming.

Coba praktekkan beberapa tips diatas untuk website anda, dan semoga dapat bermanfaat seperti tujuannya

seputar domain

top Level Domain?
Top Level Domain Name adalah kata dibelakang nama domain contoh: .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), dan .mil(dotmilitary).
Top Level Domain ada dua, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD seperti yang diungkapkan diatas dan ccTLD adalah TLD yang digunakan untuk setiap negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Taiwan dengan kode tw (com.tw, net.tw, dsb).

Apa itu Second Level Domain ?
Second Level Domain Name (SLD) merupakan nama domain yang didaftarkan. Contoh nama domain yang didaftarkan adalah domainsaya.co.id, maka domainsaya merupakan SLD dan .co.id nya adalah TLD.

Apa itu Third Level Domain?
Third Level Domain merupakan nama sebelum Second Level Domain dan Top Level Domain. Contoh nama domain anda adalah domainsaya.com, anda bisa menambahi nama lain sebelum domainsaya, yaitu forum.domainsaya.com atau bisnis.domainsaya.com.

Apa itu Transfer Domain ?
Transfer Domain merupakan suatu fasilitas yang memungkinkan anda sebagai pemilik domain untuk memindahkan domain dari sebuah registrar ke registrar lain.

Apa itu Domain Forwading ?
Domain forwading merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengarahkan suatu domain ke domain lain.

Apa itu Domain Privacy Protection ?
Domain Privacy Protection adalah suatu system untuk melindungi informasi personal anda (saat anda meregister domain) dari penyalahgunaan.

Selasa, 23 Juni 2009

PENGERTIAN WEB HOSTING

Apa yang dimaksud dengan Web Hosting :
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet salah satunya adalah IndoGlobalWeb yang menawarkan jasa WebHosting Terbaik.
Siapa saja yang membutuhkan Web Hosting :
Seperti telah dijelaskan diatas, setiap orang ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal untuk: Promosi, Menyebarkan Informasi, Berjualan, Layanan Publik sampai dengan sekedar tempat untuk menumpahkan isi hati yang kelabu ke dalam buku harian berbasis web (blog: web log) akibat ditinggal kekasih semuanya dapat kami bantu dengan layanan IndoGlobalWeb yang terbaik.
Mengapa Perlu Web Hosting :
Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnins perorangan atau perusahaan, dan kami IndoGlobalWeb hadir untuk kebutuhan anda tersebut,
Contoh Pertama : di Indonesia hanya dengan kurang lebih Sepuluh Ribu Rupiah dalam waktu satu jam penuh, dengan tidak meninggalkan rumah dan hanya bermodalkan koneksi telepon rumah dari TELKOM, anda dapat menjelajah DUNIA dan memperoleh berbagai informasi, contohnya IndoGlobalWeb menawarkan paket WebHosting hanya dengan harga Rp. 7.500,- anda sudah mendapatkan webHosting yang power full.
Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site, jika anda membutuhkan jasa kami, maka IndoGlobalweb akan membantu apa yang anda butuhkan.
Kapan anda membutuhkan Situs Web :
Disaat anda ingin memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, disaat anda ingin orang lain memperoleh informasi yang benar mengenai hal-hal kemanusiaan, disaat anda ingin menyebarluaskan pengetahuan demi kesejahteraan sesama manusia, disaat anda ingin melakukan transaksi bisnis yang memudahkan pelangan anda menjangkaunya dari sebuah vila tempat peristirahatan dengan privasi yang tinggi, disaat itulah anda membuthkan layanan web hosting, IndoGlobalWeb ada kapanpun anda membutuhkan layanan tersebut.
Dimana menyewa Web Hosting :
Ratusan bahkan ribuan penyelenggara jasa web hosting, ada dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia, salah satu yang terbaik dan termurah yaitu IndoGlobalWeb.
Teknologi apa yang digunakan :
Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan, dan itu yang dilakukan IndoGlobalWeb demi kenyamanan dan kepuasan costumer kami, juga menyediakan layanan Back Up data anda tiap harinya secara otomatis.
Bagaimana cara Memiliha Web Hosting :
Untuk memilih jasa WebHosting terbaik sesuai kebutuhan anda, pertama anda harus mengetahui apa kebutuhan anda, pilihlah space web hosting sesuai kebutuhan, dan jangan lupa memperhatikan harganya, kedua, jika target pengunjung web anda nantinya sebagian besar berada di indonesia maka pilihlah webhosting dengan server di indonesia atau biasa di sebut IIX, dan jika target pengunjung web anda sebagian besar berada di luar indonesia maka anda dapat memilih web server dengan lokasi di USA, dan kami menyediakan kedua pilihan yang anda butuhkan...

SYARAT REGISTRASI DOMAIN INDONESIA

Domain name DTD (Domain Tingkat Dua) Indonesia:.web.id, .co.id, .or.id, .go.id, .ac.id, .mil.id, .net.id, .sch.id, war.net.id.
Persyaratan Penggunaan dan Pendaftaran DTD Indonesia:
ac.id* Untuk lembaga pendidikan minimal penyelenggara setara diploma I* SK Depdikbud pendirian lembaga* No Akta Pendirian / SK REKTOR (Pimpinan Lembaga)* Surat pernunjukan/kuasa dari pejabat tertinggi lembaga pendidikan tentang pendaftar domain* Fotokopi KTP/kartu identitas penerima kuasa.
co.id* Untuk perusahaan Swasta yang memiliki Badan Hukum* Fotokopi KTP Penanggung jawab* NPWP* SIUP / Akte Pendirian Perusahaan* khusus untuk perusahaan, pastikan bahwa Anda memiliki nama perusahaan (harus disertai nomor NPWP atau SIUP) yang sama atau berhubungan dengan domain yang Anda pilih.* Surat pendaftaran merk atau hak paten (bila ada).
go.id* Untuk area pemerintahan seperti Instansi, Departemen, Badan, dll.* Pendaftar bertindak atas nama badan/lembaga/institusi pemerintah dan termasuk dalam kategori departemen, non departemen, BUMN serta industri strategis.* Surat Keputusan Kepala Institusi/ minimal pejabat eselon2 tentang pemilihan nama domain.* Nama domain yang didaftarkan harus merupakan nama resmi lembaga, instansi, departemen, atau BUMN yang bersangkutan, yang berkaitan dengan pemerintah Indonesia.* Struktur organisasi dari pemerintahan yang berkaitan dengan kantor tersebut akan digunakan sebagai landasan dalam menentukan nama serta susunan selanjutnya dari sub-domain.
mil.id* Domain untuk TNI (Tentara Nasional Indonesia)* Pendaftar bertindak atas nama TNI.* Adanya Surat Keputusan tentang pemilihan nama domain.* Nama domain yang didaftarkan harus merupakan nama resmi lembaga* Struktur organisasi dari instasi akan digunakan sebagai landasan dalam menentukan nama serta susunan selanjutnya dari sub-domain.
net.id* Untuk organisasi pemegang Ijin Penyelenggara jasa telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, Seluler dll.)* Fotokopi KTP Penanggung jawab* Ijin usaha telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, Seluler dll.) dari Pemerintah.
or.id* Untuk Organisasi/ Yayasan/ Perkumpulan/ Komunitas* Fotokopi KTP Penanggung jawab* SK. Organisasi / Akte Yayasan / Akte Organisasi
sch.id* Untuk Lembaga Pendidikan seperti SD, SMP, SMU, dan lainnya yang beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku, termasuk yang bukan di bawah naungan Ditjen DikDasmen Depdikbud, seperti Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah* Surat pengajuan resmi dari Kepala Sekolah yang bersangkutan (diatas kop surat, ditandatangani dan dibubuhi stempel sekolah ybs)* Fotokopi KTP / kartu identitas dari kepala sekolah/kepala UPT/pejabat yang ditunjuk sebagai penanggung jawab
war.net.id* Untuk usaha Warung Internet* Fotokopi KTP Penanggung jawab* SIUP / Ijin Mengadakan Keramaian (jika ada)
web.id* Untuk organisasi umum diluar ac, co, go, net, or, sch, warnet.ID* Fotokopi KTP Penanggung jawab* Surat Keterangan organisasi
Jika data-data yang diberikan tidak akurat (bohong) maka penggunaan domain bisa ditinjau kembali (dicabut).
Harap pendaftar mencermati kriteria umum penamaan domain .id
Ada kaitan jelas antara nama domain dengan nama organisasi yang didaftarkan.
Tidak menggunakan nama yang menunjukkan nama geografis.
Tidak melanggar HaKI.
Tidak menggunakan kata-kata yang menimbulkan dampak SARA.
Tidak menggunakan kata-kata yang melanggar norma-norma dan kaidah hukum dan agama yang berlaku di Indonesia.
Nama domain terdiri dari Alphabet “A-Z”,”a-z”, angka “0-9″, dan karakter “-”. (RFC819)
Nama domain selalu diawali dengan alphabet. (RFC819)
Nama domain minimum dua karakter
Panjang nama domain tidak lebih dari 26 karakter.

CARA MELAKUKAN UPLOAD FILE WEBSITE

Untuk mengupload file melalui CPanel silahkan masuk ke:http://www.domainnameanda.com/cpanel (bila Anda menggunakan domain name sendiri) atau http://subdomainanda.IndoGlobalWeb.com/cpanel (bila Anda menggunakan subdomain IndoGlobalWeb.com)
kemudian klik pada link "File Manager", sebuah jendela browser akan terbuka. dan anda bisa memanfaatkan file manager untuk mengupload atau mengedit serta menghapus file file website anda
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Untuk mengupload file melalui FTP gunakan data berikut:
FTP HOST : namadomainanda.com (bila Anda menggunakan domain name sendiri) atau subdomainanda.IndoGlobalWeb.com (bila Anda menggunakan subdomain IndoGlobalWeb.com)
FTP USER : (masukan user name anda yang di berikan oleh IndoGlobalWeb)
FTP PASSWORD : (masukan password anda yang di berikan oleh IndoGlobalWeb atau password yang anda masukan pada saat melakukan order atau jika anda pernah mengganti password anda melalui cpanel maka masukan password terbaru anda)
Masukkan semua file-file HTML atau PHP anda ke folder "PUBLIC_HTML" atau "WWW" Anda perlu untuk membuat file bernama index.htm, index.html, atau index.php agar saat situs Anda diakses file tersebut yang akan ditampilkan.

pengertian dan komponen komponen komputer

Pengertian Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut
1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.
Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
· PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
· RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
· EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
· EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.
4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Komponen-Komponen Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
o Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
o Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
o High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
3. Brainware (User),
User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP

Upload ke web server

Setelah Anda mendaftar pada salah satu free server, maka langkah terakhir supaya halaman web Anda dapat dilihat semua orang adalah upload atau mengirim file ke web server.
Ada dua macam cara yang digunakan untuk mengirim file ke web server, yaitu langsung melalui browser atau melalui FTP (File Transfer Protocol). Untuk itu Anda harus mengetahui cara mana yang didukung oleh web server Anda. Sekedar contoh, www.homepage.com menggunakan browser untuk upload, www.virtualave.net menggunakan FTP sedangkan untuk www.tripod.com bisa menggunakan browser atau FTP. Yang akan dibahas di sini adalah mengirim file dengan menggunakan FTP.
Software yang dapat digunakan adalah WS FTP atau CuteFTP. (jangan bingung dengan kata FTP dengan WS FTP atau CuteFTP. FTP adalah protocol yang digunakan untuk berhubungan dengan web server, sedangkan WS FTP atau CuteFTP adalah software yang digunakan untuk berhubungan dengan web server. Singkatnya WS_FTP dan CuteFTP adalah software yang mendukung protocol FTP untuk berhubungan dengan web server).
Untuk langkah-langkah yang kami berikan di bawah ini menggunakan software CuteFTP dan web server www.virtualave.net. Anda dapat menerapkan langkah ini pada WS_FTP atau software FTP lainnya dan web server lainnya, karena pada prinsipnya adalah sama.
Dari menu FTP pilih Quick Connect.
Isi pada kolom host address, user ID dan password dengan yang diberikan web server kepada Anda. Kalau di virtualave.net misalnya host address = s36.virtualave.net, user id = winfolder, password = sda45sddf.
Klik OK.
Tunggu beberapa saat sampai CuteFTP sampai berhasil connect dengan web server.
Jika koneksi berhasil akan muncul kotak dialog berisi keterangan-keterangan. Klik OK saja.
Sekarang Anda lihat pada kolom sebelah kanan. Itu merupakan folder yang terletak pada web server Anda. Nampak folder bernama public_html. Klik dua kali folder tersebut. Nah, di folder itulah Anda harus meletakkan file-file Anda.
Kolom sebelah kiri merupakan letak dari file di komputer Anda. Untuk itu pindah ke folder tempat Anda menyimpan file yang akan di-upload.
Blok-lah file yang akan di-upload, lalu klik kanan dan pilih upload.
Selesai sudah proses upload tersebut.
Sebagai tambahan, Anda dapat membuat folder/directory baru pada web server Anda. Caranya klik kanan pada kolom sebelah kanan, pilih Make Directory, klik OK.
Untuk perintah-perintah lainnya dapat Anda pelajari sendiri

Cannot Find a Device File...Vnetsup.vxd

Saat booting windows 95 komputer Anda menampilkan pesan:
Cannot find a device file that may be needed to run Windows or a Windows application. The Windows registry or System.ini file refers to this device file, but the device file no longer exists. If you deleted this file on purpose, try uninstalling the associated application using its uninstall program or setup program. If you still want to use the application associated with this device file, try reinstalling that application to replace the missing file. Vnetsup.vxd -atau- Dfs.vxd
Penyebab : Kesalahan tersebut dapat terjadi bila Anda menghapus komponen Microsoft Network (pada properties Network).
Solusi :
Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut : Buka registry (caranya klik tombol Start, pilih Run. Ketikkan regedit lalu klik OK). Hapuslah nilai StaticVxD pada subkey Vnetsup pada : HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\Services\VxD\vnetsupatau hapuslah nilai StaticVxD pada subkey DFS pada : HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\Services\VxD\dfs
Install dan hapus komponen Microsoft NetworkCaranya : dari Control Panel klik dua kali pada Network. Klik Add - Adapter - Add lagi. Pada kotak Manufacturers, klik Detected Network Driver. Pada kotak Network Adapters, klik Existing NDIS2 Driver, dan terakhir klik OK. Setelah itu tutup Network. Bila Windows meminta restart, restartlah. Setelah itu masuk lagi ke Control Panel, klik dua kali pada Network. Klik network adapter lalu klik Remove. Terakhir klik OK. Biasanya komputer akan meminta Restart. Ikuti saja....

Kerusakan pada file win.com

Saat booting windows 95/98 komputer Anda menampilkan pesan:
The following file is missing or corrupted: Win.com
The following file is missing or corrupted: Win.com
Program too big to fit in memory Cannot find Win.com, unable to continue loading Windows
Program too large
Penyebab :
Hal ini bisa terjadi bila file win.com mengalami kerusakan. Ukuran untuk file win.com yang tepat adalah sebagai berikut :
Windows 95: 22,679 bytes Windows 95 OSR 2 24,503 bytes Windows 98: 24,791 bytes
Solusi :
Untuk mengatasinya, Anda harus membuat file win.com baru dengan cara mengekstrak file win.cnf dari CD Windows. Langkah komplitnya sebagai berikut :
Ekstrak file win.cnf dari CD Windows ke folder C:\Windows. Adapun letak file win.cnf adalah : Pada Windows 95 terletak pada file Win95_03.cab Pada Windows 98 terletak pada file Win98_28.cab
Setelah diekstrak kemudian gantilah nama win.cnf menjadi win.com. Caranya : ren c:\windows\win.cnf c:\windows\win.com
Terakhir restartlah komputer Anda

Saat shutdown windows 95/98 tidak menampilkan "shutdown screen"

Saat shutdown, windows 95/98 tidak menampilkan "shutdown screen" yang berupa tulisan It's now safe to turn off your computer.
Penyebab & Solusinya :
Komputer tidak dapat men-shutdown suatu program. Sebelum komputer melakukan shutdown maka terlebih dahulu dia akan menutup program-program yang masih berjalan. Program-program tersebut bisa berupa antivirus, utility, atau yang lainnya. Nah, bila komputer Anda tidak bisa melakukan shutdown secara sempurna hal ini bisa terjadi karena komputer tersebut tidak dapat men-shutdown suatu program. Sebagai contoh pada program NetMedic. Pada saat kita menjalankan program NetMedic maka program tersebut juga akan menjalankan syshook.exe sebagai virtual device driver. Tetapi pada saat kita keluar dari NetMedic file syshook.exe tersebut masih "tertinggal" di memori. Nah, file-file seperti syshook.exe inilah yang antara lain menyebabkan terjadinya masalah. Salah satu cara untuk "mematikan" syshook.exe adalah dengan menampilkan Task Manager yaitu dengan menekan tombol [Ctrl] [Alt] [Del]. Pilih file syshook.exe dan tekan End Task. Bila Anda mengalami masalah seperti di atas, cara gampangnya adalah dengan menutup semua program (yang terdapat pada Task Manager) kecuali :Explorer Rnnapp Osa (jika Anda menginstall MS Office) light (jika Anda memakai modem) systray Setelah semua program telah ditutup Anda bisa melakukan Shutdown (atau Restart).

Tidak dapat menghapus file

Saat Anda menghapus file, muncul kotak dialog :
Cannot delete "nama_file", cannot find the specified path. Make sure you typed the right path.
Penyebab :
Hal ini terjadi karena Recycle Bin mengalami corrupt. Masalah ini biasanya muncul jika Anda menginstall dan meng-uninstall software Fix-It Utilities.
Solusi :
Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
Restart komputer Anda.
Sebelum muncul logo Windows, tekan F8 lalu pilih Command Prompt Only.
Pada Dos Prompt, ketikkan :attrib -r -s -h c:\recycleddeltree c:\recycled

Memblokir banner

Salah satu hal yang paling dibenci saat surfing adalah munculnya banner, yang selain mengganggu juga akan memperlambat akses internet Anda. Nah, untuk mencegah munculnya banner tersebut ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh.
Pertama cari file host.sam yang terletak pada C:\Windows (untuk Windows 95/98) dan C:\winnt\system32\drivers\etc (untuk Windows 2000/NT). Selanjutnya Anda dapat menambahkan daftar di bawah ini ke dalam file host.sam tersebut.


127.0.0.1 207-87-18-203.wsmg.digex.net127.0.0.1 Garden.ngadcenter.net127.0.0.1 Ogilvy.ngadcenter.net127.0.0.1 ResponseMedia-ad.flycast.com127.0.0.1 Suissa-ad.flycast.com127.0.0.1 UGO.eu-adcenter.net127.0.0.1 VNU.eu-adcenter.net127.0.0.1 a32.g.a.yimg.com127.0.0.1 ad-adex3.flycast.com127.0.0.1 ad.adsmart.net127.0.0.1 ad.ca.doubleclick.net127.0.0.1 ad.de.doubleclick.net127.0.0.1 ad.doubleclick.net127.0.0.1 ad.fr.doubleclick.net127.0.0.1 ad.jp.doubleclick.net127.0.0.1 ad.linkexchange.com127.0.0.1 ad.linksynergy.com127.0.0.1 ad.nl.doubleclick.net127.0.0.1 ad.no.doubleclick.net127.0.0.1 ad.preferences.com127.0.0.1 ad.sma.punto.net127.0.0.1 ad.uk.doubleclick.net127.0.0.1 ad.webprovider.com127.0.0.1 ad08.focalink.com127.0.0.1 adcontroller.unicast.com127.0.0.1 adcreatives.imaginemedia.com127.0.0.1 adex3.flycast.com127.0.0.1 adforce.ads.imgis.com127.0.0.1 adforce.imgis.com127.0.0.1 adfu.blockstackers.com127.0.0.1 adimage.blm.net127.0.0.1 adimages.earthweb.com127.0.0.1 adimg.egroups.com127.0.0.1 admedia.xoom.com127.0.0.1 adpick.switchboard.com127.0.0.1 adremote.pathfinder.com127.0.0.1 ads.admaximize.com127.0.0.1 ads.bfast.com127.0.0.1 ads.clickhouse.com127.0.0.1 ads.enliven.com127.0.0.1 ads.fairfax.com.au127.0.0.1 ads.fool.com127.0.0.1 ads.freshmeat.net127.0.0.1 ads.hollywood.com127.0.0.1 ads.i33.com127.0.0.1 ads.infi.net127.0.0.1 ads.jwtt3.com127.0.0.1 ads.link4ads.com127.0.0.1 ads.lycos.com127.0.0.1 ads.madison.com127.0.0.1 ads.mediaodyssey.com127.0.0.1 ads.msn.com127.0.0.1 ads.ninemsn.com.au127.0.0.1 ads.seattletimes.com127.0.0.1 ads.smartclicks.com127.0.0.1 ads.smartclicks.net127.0.0.1 ads.sptimes.com127.0.0.1 ads.tripod.com127.0.0.1 ads.web.aol.com127.0.0.1 ads.x10.com127.0.0.1 ads.xtra.co.nz127.0.0.1 ads.zdnet.com127.0.0.1 ads01.focalink.com127.0.0.1 ads02.focalink.com127.0.0.1 ads03.focalink.com127.0.0.1 ads04.focalink.com127.0.0.1 ads05.focalink.com127.0.0.1 ads06.focalink.com127.0.0.1 ads08.focalink.com127.0.0.1 ads09.focalink.com127.0.0.1 ads1.activeagent.at127.0.0.1 ads10.focalink.com127.0.0.1 ads11.focalink.com127.0.0.1 ads12.focalink.com127.0.0.1 ads14.focalink.com127.0.0.1 ads16.focalink.com127.0.0.1 ads17.focalink.com127.0.0.1 ads18.focalink.com127.0.0.1 ads19.focalink.com127.0.0.1 ads2.zdnet.com127.0.0.1 ads20.focalink.com127.0.0.1 ads21.focalink.com127.0.0.1 ads22.focalink.com127.0.0.1 ads23.focalink.com127.0.0.1 ads24.focalink.com127.0.0.1 ads25.focalink.com127.0.0.1 ads3.zdnet.com127.0.0.1 ads3.zdnet.com127.0.0.1 ads5.gamecity.net127.0.0.1 adserv.iafrica.com127.0.0.1 adserv.quality-channel.de127.0.0.1 adserver.dbusiness.com127.0.0.1 adserver.garden.com127.0.0.1 adserver.janes.com127.0.0.1 adserver.merc.com127.0.0.1 adserver.monster.com127.0.0.1 adserver.track-star.com127.0.0.1 adserver1.ogilvy-interactive.de127.0.0.1 adtegrity.spinbox.net127.0.0.1 antfarm-ad.flycast.com127.0.0.1 au.ads.link4ads.com127.0.0.1 banner.media-system.de127.0.0.1 banner.orb.net127.0.0.1 banner.relcom.ru127.0.0.1 banners.easydns.com127.0.0.1 banners.looksmart.com127.0.0.1 banners.wunderground.com127.0.0.1 barnesandnoble.bfast.com127.0.0.1 beseenad.looksmart.com127.0.0.1 bizad.nikkeibp.co.jp127.0.0.1 bn.bfast.com127.0.0.1 c3.xxxcounter.com127.0.0.1 califia.imaginemedia.com127.0.0.1 cds.mediaplex.com127.0.0.1 click.avenuea.com127.0.0.1 click.go2net.com127.0.0.1 click.linksynergy.com127.0.0.1 cookies.cmpnet.com127.0.0.1 cornflakes.pathfinder.com127.0.0.1 counter.hitbox.com127.0.0.1 crux.songline.com127.0.0.1 erie.smartage.com127.0.0.1 etad.telegraph.co.uk127.0.0.1 fp.valueclick.com127.0.0.1 gadgeteer.pdamart.com127.0.0.1 gm.preferences.com127.0.0.1 gp.dejanews.com127.0.0.1 hg1.hitbox.com127.0.0.1 image.click2net.com127.0.0.1 image.eimg.com127.0.0.1 images2.nytimes.com127.0.0.1 jobkeys.ngadcenter.net127.0.0.1 kansas.valueclick.com127.0.0.1 leader.linkexchange.com127.0.0.1 liquidad.narrowcastmedia.com127.0.0.1 ln.doubleclick.net127.0.0.1 m.doubleclick.net127.0.0.1 macaddictads.snv.futurenet.com127.0.0.1 maximumpcads.imaginemedia.com127.0.0.1 media.preferences.com127.0.0.1 mercury.rmuk.co.uk127.0.0.1 mojofarm.sjc.mediaplex.com127.0.0.1 nbc.adbureau.net127.0.0.1 newads.cmpnet.com127.0.0.1 ng3.ads.warnerbros.com127.0.0.1 ngads.smartage.com127.0.0.1 nsads.hotwired.com127.0.0.1 ntbanner.digitalriver.com127.0.0.1 ph-ad05.focalink.com127.0.0.1 ph-ad07.focalink.com127.0.0.1 ph-ad16.focalink.com127.0.0.1 ph-ad17.focalink.com127.0.0.1 ph-ad18.focalink.com127.0.0.1 realads.realmedia.com127.0.0.1 redherring.ngadcenter.net127.0.0.1 redirect.click2net.com127.0.0.1 regio.adlink.de127.0.0.1 retaildirect.realmedia.com127.0.0.1 s2.focalink.com127.0.0.1 sh4sure-images.adbureau.net127.0.0.1 spin.spinbox.net127.0.0.1 static.admaximize.com127.0.0.1 stats.superstats.com127.0.0.1 sview.avenuea.com127.0.0.1 thinknyc.eu-adcenter.net127.0.0.1 tracker.clicktrade.com127.0.0.1 tsms-ad.tsms.com127.0.0.1 v0.extreme-dm.com127.0.0.1 v1.extreme-dm.com127.0.0.1 van.ads.link4ads.com127.0.0.1 view.accendo.com127.0.0.1 view.avenuea.com127.0.0.1 w113.hitbox.com127.0.0.1 w25.hitbox.com127.0.0.1 web2.deja.com127.0.0.1 webads.bizservers.com127.0.0.1 www.PostMasterBannerNet.com127.0.0.1 www.ad-up.com127.0.0.1 www.admex.com127.0.0.1 www.alladvantage.com127.0.0.1 www.burstnet.com127.0.0.1 www.commission-junction.com127.0.0.1 www.eads.com127.0.0.1 www.freestats.com127.0.0.1 www.imaginemedia.com127.0.0.1 www.netdirect.nl127.0.0.1 www.oneandonlynetwork.com127.0.0.1 www.targetshop.com127.0.0.1 www.teknosurf2.com127.0.0.1 www.teknosurf3.com127.0.0.1 www.valueclick.com127.0.0.1 www.websitefinancing.com127.0.0.1 www2.burstnet.com127.0.0.1 www4.trix.net127.0.0.1 www80.valueclick.com127.0.0.1 z.extreme-dm.com127.0.0.1 z0.extreme-dm.com127.0.0.1 z1.extreme-dm.com




Mengapa dengan cara ini bisa mencegah banner? Sebenarnya sederhana saja. File host.sam merupakan file yang digunakan untuk melakukan mapping IP Address ke nama host. IP Address 127.0.0.1 merupakan IP Address dari komputer Anda. Dengan menambahkan baris di atas ke dalam file host.sam maka saat Anda surfing dan browser menemukan alamat dari salah satu server di atas (atau lebih tepatnya file yang terletak pada salah satu alamat server di atas) maka browser akan mencoba mencari file tersebut ke dalam komputer Anda (yang tentu saja tidak mungkin ketemu

Menghemat pulsa untuk mengirim email

Supaya sambungan internet langsung putus secara otomatis setelah semua mail di kirim ke Internet dan mail di server di ambil, ikuti langkah di bawah ini :
Dari MS Outlook Express, klik menu Tools - Options.
Pindah ke tab Connection.
Beri tanda check pada "Hang up after sending and receiving".
Untuk versi MS Outlook Express yang lain :
Dari MS Outlook Express, klik menu Tools - Options.
Pindah ke tab Dial Up.
Beri tanda check pada "Hang up when finished sending, receiving, or downloading".
Dengan cara demikian setiap kali kita menekan tombol send-receive maka hubungan internet akan terputus secara otomatis setelah semua transaksi pengiriman dan penerimaan e-mail dilakukan.

Mempercepat koneksi, jangan tampilkan image

Kalau Anda lebih mementingkan isi tulisan daripada tampilan gambarnya, ada baiknya Anda mendisable auto load image sehingga browser Anda tidak menampilkan image. Dengan tidak menampilkan image koneksi internet Anda sedikit lebih gegas. Caranya untuk Netscape Navigator, pilih Edit, lalu Preferences. Pindah ke category Advanced. Hilangkan tanda check pada bagian Automatically load images.
Untuk IE 5.x, dari menu Tools pilih Internet Options. Pindah ke tab Advanced. Cari bagian Multimedia. Lalu hilangkan tanda check pada Show picture. Juga pada Play animations, Play sounds, dan Play videos.

Menghapus cache pd browser

Untuk lebih amannya bila Anda main di warnet, Anda perlu menghapus cache browser. Untuk Netscape Navigator 4.06 : 1. Pilih menu Edit - Preferences. 2. Pada bagian Category pilih Advanced - Cache. 3. Klik pada Clear Memory Cache & Clear Disk Cache. (Versi lainnya silahkan cari pd menu yg terdapat Preferences.)Untuk Internet Explorer 4 : 1. Pilih menu View - Internet Options. 2. Pada tab General & bagian Temporary Internet Files klik Deletes Files. Untuk versi lainnya silahkan cari pd menu yg terdapat Internet Options).

Buka sekaligus beberapa windows

Jangan biarkan diri Anda menunggu terlalu lama untuk loading gambar yang tidak Anda perlukan. Untuk mengefektifkan akses website Anda bisa membuka sekaligus beberapa windows. Tapi jangan terlalu banyak (untuk beberapa komputer bisa menyebabkan hang). Untuk membuka jendela baru, dari menu File pilih New lalu pilih Window. Atau gunakan shortcut Ctrl + N.

Senin, 15 Juni 2009

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berfungsi
menghubungkan perangkat keras dengan pengguna. Perangkat
lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
1. Perangkat lunak sistem Operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam
menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi
merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna
dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer.
Adapun Sistem operasi tersebut bersifat :
- Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user
- Multitasking : dapat melakukan banyak tugas
Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi
1. Sistem operasi berbasiskan teks
Merupakan sistem operasi yang menggunakan teks sebagai
sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan
teks, yaitu :
- DOS, (Disk Operating
System) yang dikeluarkan
oleh Microsoft pada tahun
1981, lihat gambar berikut :
Gambar 2.6 Speaker
13
Gambar 2.9 Mac OS
- Unix merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang
dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi
tertua. Bagian dari Unix yaitu ;
1. Unix
2. OpenBSD
3. FreeBSD
Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP
dan Sun Solaris.
2. Sistem operasi berbasiskan Unit grafis antar muka (GUI /
Graphic Unit Interface)
Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau
grafis unit antar muka, Ada beberapa contoh dari sistem
operasi berbasiskan GUI, yaitu :
- Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI
(Graphical User Interface) yang dikeluarkan oleh
Microsoft.
- Macintosh pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984
sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan
dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan
Macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di
Apple iMac Desktop ataupun Apple Notebook.
- Linux pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus
Torvald. Linux ini merupakan salah satu varian dari Sistem
Operasi Unix. Linux Generasi I merupakan Sistem Operasi
Gambar 2.8 FreeBSD
14
berbasis Teks. Setelah Linux berkembang pesat karena
sifatnya open source, maka Linux saat ini telah
berbasiskan graifs sebagai antar mukanya. Dan Linux itu
terdiri dari beberapa distribusi (distro / Pengembang) :
Beberapa contoh distro linux di bawah ini :
1. Mandrake
2. Suse
3. Fedora Core dan sebagainya
2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai
bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar,
presentase, pengolahan halaman web hingga perangkat media
player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem
operasi tersebut dikembangkan.
Perangkat lunak aplikasi terdiri dari
2.1 Program bantu (Utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu
sistem operasi seperti yang dijelaskan diatas, seperti,
antivirus, defragmenter, format disket, periksa sistem dan
sebagainya.
2.2 Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi
perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi.
Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa BASIC,
COBOL, C++ dan sebagainya.
Gambar 2.10 Distro Linux
15
2.2.3 Brainware
Brainware (manusia) merupakan pemakai perangkat-perangkat
komputer, dan terbagi atas tingkatan pengguna :
1. System Analyst
System analyst adalah seseorang yang melakukan rancangan
analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer.
2. Programmer
Programmer adalah seseorang yang mengerjakan program yang
berasal dari Sistem analyst
3. Operator
Operator adalah seseorang yang menjalankan program yang
telah dikerjakan seorang program
2.2.4 Teknologi Informasi
Teknologi informasi merupakan suatu bidang yang menangani
pengolahan data menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan
sehingga yang siap saji. Seperti Informasi umum (public
information) dan Informasi lokal (local information). Sebagai
contoh informasi umum, seperti penggunaan internet, untuk melihat
dan mengambil informasi seperti berita, cuaca dan sebagainya.
Lokal informasi, seperti jaringan lokal didalam perusahaan yang
berfungsi untuk menyimpan dan mengirim informasi yang sifatnya
rahasia dan diberikan hanya kepada yang membutuhkan.

jenis jenis media penyimpanan data

Media penyimpanan data terdiri dari :
2.5.1 Harddisk
Merupakan suatu media penyimpanan internal
yang kapasitasnya besar, untuk saat ini
kapasitas harddisk mencapai 120 GB. Harga
dari media ini tergolong mahal.
2.5.2 Disket
Merupakan suatu media penyimpanan data yang
berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan
data antara 700 Kb hingga 1,44 Mb.
2.5.3 CDROM/DVD
Merupakan media penyimpanan
berbentuk piringan. CD ROM
mampu menyimpan data sampai
700 Mb, sementara DVD mampu
menyimpan antara 4 GB hingga 9
GB.
2.5.4 Flash disk
Merupakan media penyimpanan
data berbentuk pena, berukuran
antara 64 Mb hingga 2 Gb = (2000
Mb)

18.

Perbandingan perfomance komputer

Dilihat dari perbandingan kecepatan proses kerjanya, yang disesuaikan
dengan era dan perkembangan teknologi. Prosesor terdiri dari beberapa
jenis dan kecepatannya yaitu sebagai berikut :
1. Type 386, jenis prosesor ini dikembangkan pada tahun 1989 dengan
kecepatan antara 30 hingga 60 Mhz.
2. Type 486, jenis prosesor ini dikembangkan tahun 1990 dengan
kecepatan antara 60 hingga 100 Mhz.
3. Type 586, Jenis prosesor ini lebih canggih dari prosesor sebelumnya,
dikembangkan tahun 1994, beberapa perusahaan pun
memproduksinya, seperti intel dengan nama Pentium, dan
perusahaan AMD mengeluarkan produknya dengan nama AMD
4. Type 686, Jenis prosesor ini dikembangkan di tahun 1998 sebagai
contoh perusahan Intel dengan nama Pentium II, Pentium III dan
yang terbaru Pentium IV, dan AMD dengan prosesor seri AMDnya
yaitu AMD Duron, Thunderbird, dan yang terbaru Athlon XP
Walaupun banyak perusahaan lain yang mengeluarkan prosesornya yang
tidak dapat dijelaskan satu persatu. Seperti Transmeta, VIA dan Cyrix.
Diantara kemampuan prosesor tanpa dukungan dari memori tidak akan
berarti sama sekali, sama halnya dengan beberapa jenis prosesor yang
lainnya. Memori terdiri dari beberapa ukuran kecepatan dan kapasitas
yaitu 4 Mb, 16 Mb, 32 Mb, 64 Mb, 128, Mb, 256 Mb dan seterusnya. Terdiri
dari beberapa jenis yaitu SDRAM, DDR, SO-DIM dan sebagainya.

jenis jenis komputer

Jenis Komputer
Komputer terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut :
1. Super komputer
Komputer yang dipergunakan untuk menampung dan melayani data
dalam jumlah yang cukup besar serta mampu melaksanakan tugastugas
yang tidak bisa dilakukan komputer berskala kecil. Komputer
jenis ini biasanya dipergunakan badan antariksa sebagai pengolahan
data.
16
2. Mainframe komputer
Komputer ini terdapat pada perusahaan-perusahaan berskala besar,
dipergunakan untuk melayani data yang berskala massal. Biasanya
dipergunakan perusahaan telekomunikasi didalam melayani
pelanggannya.
3. Micro Komputer
Komputer ini sering dipergunakan di perusahaan kecil, terdiri dari
komputer yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari

Rabu, 10 Juni 2009

komputer generasi kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Sejarah komputer generasi keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Sejarah komputer generasi ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Sejarah komputer generasi kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Sejarah komputer generasi pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Bahasa Rakitan

Bahasa rakitan (bahasa Inggris: assembly language) adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah. Bahasa rakitan merupakan notasi untuk bahasa mesin yang dapat dibaca oleh manusia dan berbeda-beda tergantung dari arsitektur komputer yang digunakan. Bahasa mesin adalah pola bit-bit (serangkaian nomor-nomor biner) tertentu yang merupakan kode operasi mesin. Bahasa mesin dibuat lebih mudah dibaca dan ditulis dengan cara mengganti pola bit-bit menjadi julukan-julukan yang disebut mnemonics.

Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa rakitan biasanya memiliki hubungan 1-1 dengan instruksi bahasa mesin. Misalnya, tiap julukan (mnemonic) yang ditulis di program dengan bahasa rakitan akan diterjemahkan menjadi tepat satu kode operasi yang dapat dimengerti langsung oleh komputer. Pada bahasa tingkat tinggi, satu perintah dapat diterjemahkan menjadi beberapa kode operasi dalam bahasa mesin. Proses pengubahan bahasa rakitan ke bahasa mesin dilakukan oleh assembler, dan proses balikannya dilakukan oleh disassembler.

Setiap arsitektur komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda-beda sehingga bahasa rakitannya pun berbeda-beda.

Berikut merupakan contoh bahasa rakitan:

 mov  al, 0x61

yang berarti pindahkan (mov = move) nilai heksadesimal 61 (= 97 dalam desimal) ke register prosesor bernama "al". Adalah lebih mudah mengingat ini dari bahasa mesin:

10110000 01100001


Bahasa pemograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

Daftar isi

[sembunyikan]

Sejarah PHP

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs Personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.

Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP dirubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain

  • Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  • Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan configurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Hello World

Program Hello World yang ditulis menggunakan PHP adalah sebagai berikut:

   echo "Hello World" ;
echo "Halo Dunia" ;
?>

Contoh program yang lebih kompleks

Berikut ini adalah contoh program yang relatif lebih kompleks yang ditulis dengan menggunakan PHP. Contoh program ini adalah program untuk menampilkan barisan bilangan Fibonacci.


$now = 1;
$prev = 0;

$jumlah = 8;

while ($i < $jumlah)
{
$temp = $prev;

$prev = $now;
$now = $now + $temp;

echo($now . ", ");

$i++;
}

?>

[sunting] Tipe Data

PHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaitu :


  1. Integer
  2. Double
  3. Boolean
  4. String
  5. Object
  6. Array
  7. Null
  8. Nill
  9. Resource

[sunting] Lihat pula

Template Engine

PHP Framework

[sunting] Pranala luar

Bahasa pemograman JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995.

Daftar isi

[sembunyikan]

Sejarah perkembangan Java

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).

Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.

Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.

Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

Versi Awal

Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

  • java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  • java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  • java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  • java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.


[sunting] Kelebihan

  • Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
  • OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
  • Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
  • Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
  • Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

[sunting] Kekurangan

  • Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
  • Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

Contoh Kode Program Sederhana Dalam Java

Contoh program Halo dunia yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java adalah sebagai berikut:

Public class HaloDunia

{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("Halo Dunia");
}
}

Tahap Kompilasi Java

  1. Tulis / Ubah. Pemrogram menulis program dan menyimpannya di media dalam bentuk berkas '.java'.
  2. Kompilasi. Pengkompilasi membentuk bytecodes dari program menjadi bentuk berkas '.class'
  3. Muat. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori
  4. Verifikasi. Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem keamanan Java
  5. Jalankan. Penerjemah menerjemahkan bytecodes ke bahasa mesin

Integrated Development Environment

Banyak pihak telah membuat IDE (Integrated Development Environment - Lingkungan Pengembangan Terintegrasi) untuk Java. Yang populer saat ini (Juli 2006) antara lain:

NetBeans disponsori Sun Microsystems, dan versi terkininya memilki Matisse, sebuah GUI Editor yang menurut pendapat umum merupakan yang terbaik.[rujukan?]

Eclipse dibuat dari kerja sama antara perusahaan-perusahaan anggota 'Eclipse Foundation' (beserta individu-individu lain). Banyak nama besar yang ikut dalam 'Eclipse Foundation', termasuk IBM, BEA, Intel, Nokia, Borland. Eclipse bersaing langsung dengan Netbeans IDE. Plugin tambahan pada Eclipse jauh lebih banyak dan bervariasi dibandingkan IDE lainnya.

JCreator ditulis dalam C/C++ sehingga lebih cepat (dan menggunakan memori lebih sedikit) dari kebanyakan IDE.

Pranala luar